Senin, 05 Desember 2011

NOUNS atau Kata Benda


NOUNS atau Kata Benda
Kata benda atau dalam bahasa inggris disebut NOUNS adalah semua kata yang menunjukkan benda. Mengapa sih belajar bahasa inggris harus tahu kata benda segala? tidak langsung saja belajar berbicara, menulis atau bercakap-cakap?. Ya, sebenarnya langsung praktek juga bisa, namun dengan mengerti istilah-istilahnya, dengan mengerti bagaimana komponen tata bahasa digunakan maka bahasa inggris anda akan bertambah baik, bahkan untuk mengembangkan ketrampilan bahasa inggris secara mandiri pun akan terasa jauh lebih mudah jika anda menguasai hal ini. Belajar bahasa inggris dimanapun dan dengan siapapun atau membaca buku pelajaran bahasa inggris apapun akan terasa mudah bagi Anda nanti. Percayalah pada saya, karena saya telah mengalaminya.
Nanti akan terasa di pelajaran bahasa inggris yang lebih advance, ketika saya bilang NOUNS sebagai SUBJECT maka anda sebaiknya sudah punya gambaran apa itu NOUNS. Jelas, ini akan mempermudah dan mempercepat proses belajar bahasa inggris anda di level selanjutnya bukan?
Ok,  

NOUNS dalam garis besar terdiri dari 2 bagian:
Yang pertama bahasa inggrisnya CONCRETE NOUNS, atau dalam bahasa indonesia disebut kata benda konkret, maksudnya adalah benda-benda yang dapat dilihat, dapat diraba. Contohnya: meja (table), kursi (chair), phone, computer, dan sebagainya.
Yang kedua adalah ABSTRACT NOUNS atau kata benda abstrak. Yaitu kata benda juga, namun tidak bisa diraba dan dilihat alias tak berwujud. Contohnya: freedom (kemerdekaan, kebebasan), happiness (kebahagiaan), education (pendidikan), competition (persaingan), action (tindakan), dan sebagainya. Tentu saja, bukan hanya dalam bahasa inggris ada kata benda abstrak tetapi juga dalam bahasa Indonesia, mungkin kita jarang mempelajarinya. Dengan pengetahuan ini, nanti kita akan bisa membuat suatu kalimat dengan subject abstract noun seperti: Action speaks louder than words.
Nah, bagaimana kalau “angin” ? termasuk yang mana ? Concrete atau Abstract Nouns?
Kita kembali pada CONCRETE NOUNS.
Concrete Nouns dalam bahasa inggris ini masih dipecah-pecah lagi menjadi 4 bagian. Yaitu: Proper Nouns, Common Nouns, Material Nouns, dan Collective Nouns. Istilahnya semua masih dalam bahasa inggris. Akan saya terangkan satu per satu di bawah ini.
Poper Nouns adalah kata benda tentang nama tertentu, dan diawali dengan huruf besar, seperti nama orang, nama kota, nama negara, universitas, nama gedung, nama toko, nama perusahaan, dan sebagainya. Contohnya: Joko, Mufli, John Lennon, Tokyo, Grand Hyatt, White House.
Common Nouns, atau kata benda umum yaitu kata benda yang sangat umum, seperti: football (sepak bola), student (pelajar, murid), village (desa), dan sebagainya.
Material Nouns, atau kata benda material, yaitu tentang kata benda yang berasal dari sumber alam atau merupakan materi lainnya, seperti gold (emas), silver (perak), plant (tanaman), iron (besi), dan sebagainya.
Yang terakhir Collective Nouns atau kata benda kolektif. Tentu saja artinya kata benda yang mengandung arti kumpulan, koleksi atau yang mengandung arti majemuk. Contohnya: committee (komite, panitia), group (kelompok orang), class (kelompok murid atau siswa), audience (hadirin, penonton, majelis).
Itulah macam-macam kata benda konkret atau bahasa inggrisnya CONCRETE NOUNS. Tak harus Anda hafalkan kok, tetapi sekali baca anda hendaklah punya gambaran yang jelas, dan percayalah walau kita belajar bahasa inggris secara bertele-tele seperti ini, nanti bahasa inggris anda akan sangat mantap, kecuali kalau anda tidak sabaran dan melahap semua pelajaran bahasa inggris sekaligus kemudian hanya bisa sedikit-sedikit. Jika hanya bisa sedikit sedikit bahasa inggris ini, maka biasanya manfaatnya sangat-sangat kurang.
Sekarang kita kembali pada ABSTRACT NOUNS atau Kata benda abstrak (yang tak dapat dilihat dan diraba).
Baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris, kata benda abstrak ini bisa dibentuk dari kata kerja. Misalnya : bertindak (menjadi tindakan), menghayal (menjadi hayalan), belajar (menjadi pelajaran), dan sebagainya. Demikian pula dalam bahasa inggris. Nah, dalam bahasa inggris anda harus menghafalnya, itulah yang sangat mudah!, hehe..
Mengapa saya bilang “itulah yang mudah”? loh, buat apa bilang “itulah yang susah!”, toh cuma bilang saja apa susahnya kita bilang mudah, nanti jadi mudah beneran. Itulah kunci belajar bahasa inggris, jangan bilang bahasa inggis itu susah, nanti jadi susah betulan hoi!. Toh untuk bilang mudah atau susah kan sama saja waktu dan energi yang kita keluarkan, dan untuk bilang susah atau mudah juga gratis saja, namun efeknya jauh berbeda, kalau dibilang sulit nanti akan membuat kita malas dan tak bisa bahasa inggris, kalau dibilang mudah nanti akan membuat kita bersemangat dan pada akhirnya lebih mudah untuk bisa betulan bahasa inggris. Kalau begitu, bilang saja “bahasa inggris itu sangat mudah”. Setuju ya?
Ok, kata benda abstrak yang berasal dari kata kerja dalam bahasa inggris mempunyai ciri-ciri.
Contoh kata kerja yang menjadi kata benda abstract yang ditambahi akhiran -ion, -tion, -ation misalnya: inform (menjadi information), imagine (menjadi imagination), explain (menjadi explanation). Memang, rumusnya tak ada yang pasti, karena itulah saya bilang anda harus menghafal. Jika anda sering memakainya dalam ucapan atau tulisan atau sering dipraktekkan maka tentu saja bahasa inggris ini akan nempel. Sama saja dengan bahasa indonesia bukan? misalnya terbang menjadi penerbangan, meniru menjadi tiruan, dan sebagainya.
Ada juga yang diakhir dengan -ment. Contohnya: agree (menjadi aggreement), pay (menjadi payment), move (menjadi movement) dan sebagainya.
Ada yang diakhiri dengan -ence atau -ance seperti assist (menjadi assistance), differ (menjadi difference), enter (menjadi enterance), dan sebagainya.
Masih banyak sekali akhiran-akhiran lain, seperti -s, -se-, -cy dan sebagainya. Saran saya anda membeli buku Tata Bahasa Inggris atau English Grammar, biasanya di buku Tata Bahasa Inggris yang lengkap terdapat tabel tentang abstract nouns ini.
Bisa juga kata benda abstrak berasal dari kata sifat. Misalnya safe (menjadi safety), real (menjadi reality), happy (menjadi happiness), important (menjadi importance), beautiful (menjadi beauty), hungry (malah menjadi hunger), memang membingungkan keculai anda sering menggunakan kata-kata ini dalam praktek bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar